Yayasan Pendidikan Islam Al Hamidiyah

Y A P I S A

Sen Asen Konang Bangkalan

Profil MTs Al Hamidiyah Bangkalan

PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH ALHAMIDIYAH

SEN ASEN KONANG BANGKALAN


Madrasah Tsanawiyah AlHamidiyah didirikan pada tahun 1992 yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam AlHamidiyah Desa SenAsen Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan.

Madrasah Tsanawiyah AlHamidiyah sebagai lembaga pendidikan formal berkewajiban berperan serta secara aktif dalam membantu program pemerintah menyukseskan pendidikan dasar 9 tahun sesuai dengan UndangUndang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan demikian memberikan kesempatan bagi anak bangsa, khususnya yang berada di Wilayah Desa SenAsen dan  12 (dua belas) desa sekitarnya sebagai dasar untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi.

Adapun keuntungan dari keberadaan Madrasah Tsanawiyah AlHamidiyah antara lain sebagai berikut   :

Semua siswa (input) MTs. AlHamidiyah berasal dari 17 desa, yaitu desa  SenAsen (Lokasi MTs.AlHamidiyah) Desa Campor, Konang, Sambiyan, Cangkareman, Genteng,   Durin Timur,Durin Barat,Bandung,Pakes, Kanegarah,Batokaban, Galis Daya,Telokoh Durjan, Mano’an dan Kokop. Pada umumnya tamatan dari MIS AlHamidiyah dan sebagaian kecil dari SD Negeri yang ada di lingkungan desadesa tersebut ditambah para santriwan/santriwati yang datang dari berbagai daerah seperti Kalbar, Kalsel, Kaltim, Pulau Bangka Blitung, Bandung, Jakarta, Jogyakarta dan Surabaya.

Mengurangi angka urbanisasi ( ikut bekerja ke kota )  pada usia sekolah.

Mengurangi angka perkawinan usia muda

Dari sekian jumlah keluaran ( out come ) banyak yang sudah melanjutkan ke MA/SMU dan perguruan tinggi, bahkan sebagaian sudah ada yang menjadi guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) angkatan tahun 2003 dan tenaga pengajar di MTs / MA AlHamidiyah.

Seiring dengan perkembangan dalam dunia pendidikan, maka MTs.AlHamidiyah  harus lebih diberdayakan dan ditingkatkan mutu pendidikannya sehingga dapat menghasilkan generasi Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang handal berimtaq dan beriptek sesuai dengan visi dan misi MTs. AlHamidiyah.


Upaya meningkatkan potensi dan sumber daya manusia menjadi semakin penting bagi setiap bangsa dalam menghadapi era globalisasi. Tanpa sumber daya manusia yang berkualitas, mutu bangsa akan tertinggal dari bangsa lain dalam percaturan dan persaingan kehidupan Dunia Internasional yang semakin kompetitif. Sarana yang paling efektif dan strategis untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia adalah pendidikan, khususnya lembaga pendidikan formal.

Keberhasilan pendidikan dan proses pembelajaran, akan memberikan kontribusi yang positif bagi keberhasilan pendidikan dijenjang pendidikan selanjutnya. Oleh sebab itu lembaga pendidikan formal adalah wahana yang sangat strategis untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia.

Apalagi saat ini di Madura telah dibangun jembatan SURAMADU (Jembatan penghubung Surabaya dan Madura) yang terletak di Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan, maka hal ini merupakan sebuah tantangan sekaligus motivasi bagi dunia pendidikan khususnya di Madura untuk lebih proaktif dalam upaya meningkatkan kualitas SDM agar nantinya generasi kita dapat beradaptasi dengan keadaan serta sikon yang akan terjadi.   

PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Kegiatan belajar mengajar MTs AlHamidiyah dilaksanakan mulai Tahun Pelajaran 1993/1994. Waktu efektif. Pagi hari. Pukul 07.30  13.30  WIB  dengan alasan  :

Penyesuaian dengan sekolah pada umumnya.

Suasana pagi lebih menguntungkan bagi energi dan konsentrasi siswa pada penyerapan pelajaran.

PENDAPATAN BELANJA MADRASAH

Sumber keuangan MTs AlHamidiyah    :

Pendaftaran Siswa Baru ( PSB )  

Droping Yayasan

Donatur.

Instansi Pemerintah terkait

Sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

LETAK GEOGRAFIS

MTs AlHamidiyah terletak di  Desa SenAsen  Kecamatan Konang  Kabupaten Bangkalan. MTs ini merupakan salah satu unit lembaga dari beberapa kesatuan lembaga di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam AlHamidiyah berjarak 52 km  kearah timur kota Bangkalan. Secara Geografis MTs AlHamidiyah dapat dilihat  sebagai  berikut   :

Sebelah barat      :   Desa  Konang  Kecamatan Konang

Sebelah timur     :   Ds. Campor Kec.Konang                                                

Sebelah utara      :   Desa  Sambiyan  Kecamatan  Konang

Sebelah selatan   :   Desa  Bates  Kecamatan  Blega

Tulisan Terbaru
Tulisan Populer
Tulisan Terbaca